4 Buku Rekomendasi Persiapan Tes TOEFL ITP

Pernah enggak sih, teman-teman bingung mau beli buku yang mana buat persiapan TOEFL? Kalau lagi main ke toko buku, pilihan bukunya banyak banget asli!! 

Tapi tau sendiri kan kalo buku persiapan tes toefl itu harganya bisa 4x lipat komik hai Miiko gais. Jadi, tentu kita mesti pilih-pilih yang terbaik di antara yang baik dong, apalagi buat anak kosan kere macam aku pas baru lulus kuliah dulu. 

Nah guys, aku mau kasih rekomendasi 4 buku Persiapan TOEFL TERDEBEST Menurutku. 

1. 1001 #Items To Boost Your TOEFL Exam By Drs. Slamet Riyanto, M.Pd

Ini adalah buku pertama yang aku beli untuk belajar TOEFL. Sebelumnya aku belum pernah mewakafkan waktuku untuk serius belajar TOEFL ini. Hingga akhirnya, di akhir tahun 2017 aku terpilih sebagai salah satu penerima beasiswa peningkatan bahasa asing alias TOEFL di kampus. Aku baru sadar ternyata English skillku nihil sekali. Terlalu banyak yang harus aku pelajari. 

Kakakku waktu itu menyarankan supaya beli buku To Boost Your TOEFL Exam ini, karena berhasil bikin dia sukses melejitkan skor TOEFLnya. 

Dan akhirnya aku pun beli. 

Daaaaannn, emang rekomended sih. Aku belajar banyak 'dasar-dasar rahasia ngerjain toefl' dari buku ini. Rekomen buat yang baru mulai belajar!



Picture by google

2. Official Guide To The TOEFL ITP Test
My fav nih gais. Dan honestly aku kaget sekali pas tes TOEC di UIN Jogjes akhir tahun 2018 lalu. Karena 30 soal Listening sectionnya persis kayak yang ada dalam salah satu section di buku ini! hihi. Ampun P2B!

Buku ini banyak banget direkomendasiin sama orang-orang, based on what i readed. Untuk harganya sekitar 90 ribu++. Nah, tapi buat yang baru mulai belajar TOEFL, buku ini lumayan tipis, cuma ada 5 section, jadi untuk latihan soalnya bakalan kurang banget, padahal harganya lumayan mahal. 



3. Longman Preparation Course For The TOEFL Test by Deborah Phillips

Longman preparation dan Cliff ini banyak banget direkomendasiin sama orang-orang. Hingga finally aku beli dan...  

Suer, banyak banget rumus-rumus dasar ngerjain TOEFL yang aku pelajarin dari buku ini. Sama kayak matematika, toefl itu tidak jarang main rumus gais. Kalo tau rumusnya, terbiasa ngerjainnya, mantap lah itu. Kayak ngerjain teka teki. 

 4. CLIFFS TOEFL Preparation Guide

Bukunya kecil, gampang dibawa kemana-mana. So far masih jadi sahabat setiaku di kosan. I highly recommend this one.. 




0 Komentar