Pengalaman Mengurus Surat Keterangan Sehat dari Dokter, Biaya dan Tata Cara!



Surat keterangan sehat dari dokter tidak jarang menjadi salah satu syarat yang diminta ketika mendaftar kuliah, khususnya pasca sarjana. Prodi magister KPI UIN Syarif Hidayatullah pun demikian. Nah, di tulisan ini aku ingin berbagi pengalaman mengurus surat keterangan sehat dokter sebagai syarat mendaftar kuliah tersebut. 

Biayanya tidak mahal. Jika teman-teman tidak sengaja membaca tulisan ini ketika sedang mencari tahu gimana sih ngurus surat keterangan sehat, kuyakin teman-teman juga bertanya biayanya mahal apa engga. Jadi, kalau sekedar surat keterangan sehat jasmani aja, biaya tidak mahal, 74 ribu rupiah. Mungkin beda halnya kalau biaya mengurus surat keterangan bebas narkoba.

alur mengurus surat kesehatan dan bebas narkoba di RSUD Cilacap

Waktu itu aku mengurus suratnya di RSUD Cilacap. Anyway, KTPku domisilinya Bengkulu, aku hanya sedang berada di Cilacap, tapi ternyata tetap bisa mengurus surat keterangan meski bukan KTP daerah di mana kita mengurus surat tersebut. 

Aku datang pukul 8 pagi, mengambil nomer antrian untuk pendaftaran. 30 menitan mengantri, akhirnya dipanggil ke loket pendafatran umum. 

Aku hanya diminta menuliskan nomer HP dan memperlihatkan KTP, sebentar gak nyampe 5 menit, habis itu ke loket pembayaran membayar biaya sebesar 74 rb rupiah dan mendapatkan kwitansi pembayaran. 


Setelah itu, aku diminta ke ruang MCU (Medhical Check Up) di lantai 2 RSUD. Tidak ada antrian pasien, jadi aku langsung masuk ke ruangan. 

Seorang ibu yang kukira dokternya (ternyata bukan, mungkin perawat) menyambut dengan sangat ramah dan bersahabat, aku dites tensi darah, ditanyain bb dan tinggi badan, serta keperluan membuat surat buat apa. Setelah itu aku diminta menunggu di luar ruangan.


Sedihnya, aku menunggu satu jam lebih, karena katanya bu dokter sedang ada rapat. Mungkin kalau dokternya sedang tidak rapat, surat bisa lebih cepat selesainya. 

Cara Mengurus Surat Keterangan Sehat dari Dokter di RSUD Cilacapp

Setelah satu jam-an menunggu, aku dipanggil masuk kembali ke ruang MCU, bu dokter cantik sudah duduk di dalam ruangan. Aku kembali ditanya keperluan mengurus surat buat apa, apakah ada keluhan, diperiksa pake stetoskop juga, disenterin mata kiri kanan, tenggorokan.. Setelah itu bu dokter menulis "sehat"  dan membubuhkan tanda tangan di surat yang sudah lebih dulu diprintkan oleh perawat tadi. 

Surat telah jadi, untuk stempel dan nomer surat, aku diminta mengurus di resepsionis persis depan pintu masuk rumah sakit. Selesai. 

Nah, ini dia surat keterangan sehat dari dokter itu! :)

Contoh surat keterangan sehat dokter

1 Komentar

Anonim mengatakan…
Gendutan ya 😂