Rekomendasi Kosan Putri Dekat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta


Sebentar lagi aku akan melanjutkan kuliah s2 di tanah rantau yang baru, tes seleksi masuknya baru akan diselenggarakan akhir bulan Juli ini. Aku harap-harap cemas, semoga diterima di kampus tujuanku, plus semoga mendapatkan kosan yang aman dan nyaman di sana nanti. Sebelumnya, aku kuliah s1 di UIN Yogyakarta. Selama kuliah di sana, aku ngekos di kosan Umi Muslimah, sejak awal tahun 2015 hingga Mei 2018, alias hampir seumur kuliah s1 aku tidak pindah-pindah kosan.

Nah, aku kepikiran untuk menuliskan tentang kosan lamaku, sebagai rekomendasi kosan putri dekat UIN Sunan Kalijaga. Karena beberapa waktu lalu, aku berselancar di internet berharap ada review bagus tentang kos-kosan dekat calon kampus pascaku, tapi ternyata nihil, padahal jika ada, kurasa akan sangat membantu. Bcs of that,  aku memutuskan menulis ini, sekedar berbagi testimoni berbentuk rekomendasi dengan harapan semoga membantu, khususnya bagi mahasiswa baru yang sedang mencari kosan dekat kampus UIN Jogja. 


Lemme tell you gais, Kosan Umi Muslimah terletak di Sapen, depan Rumah Inggris Jogja, belakang pintu doraemon UIN (anak kampus barat mesti tau dong). Kosan Umi Muslimah merupakan kepunyaan ibu kos bernama Muhibbah, yang biasa dipanggil ummi oleh anak kos dan masyarakat sekitar. Kosan Umi menyatu dengan warung makan Ummi yang biasanya buka senin hingga sabtu sejak pagi hingga sore hari.

Kosan Umi terdiri dari dua lantai dengan 16 kamar (3x3) dan 5 kamar mandi. 4 kamar dan 1 kamar mandi terletak di lantai 1, sisanya di lantai 2. Memiliki garasi yang cukup luas, jemuran di lantai 3 beratap jadi tidak takut hujan, space untuk kumpul anak kosan yang juga cukup luas dengan satu TV, vertilasi udara dan pencahayaan yang bagus, serta balkon yang enak buat bersantai ria sambil mandangin tetangga kaya seberang kosan, Hotel Grand Mercure.

Jika teman-teman sedang mencari kosan, kurasa kosan ini lumayan cocok untuk teman-teman survey terlebih dahulu. Berikut adalah alasan mengapa aku merekomendasikan kosan ini :

1. Aman dan nyaman

Sejak awal tahun 2015 sd  Mei 2018, trust me, kosan ini aman dan nyaman. Tidak ada kejadian-kejadian tidak menyenangkan, kususnya oleh orang dari luar. Pasalnya, setiap anak kos megang kunci masing-masing, dan diwajibkan selalu mengunci pintu setelah masuk dan keluar kosan. Selain itu karena rumah pemilik kosan menyatu dengan kosan di lantai bawah, maka lebih terpantau.

2. Kamar isian lengkap : Lemari, meja belajar, rak buku dan kasur. 

Kamar sudah isian
Kosan ini menyediakan fasilitas berupa lemari, meja dan rak buku dari kayu jati yang super bagus menurut aing, serta kasur. Ada juga cermin cukup besar di dalam lemari. Sayangnya, aku tidak punya banyak foto tentang kosan ini. Jadi beberapa foto yang kubagikan di sini adalah hasil skrinsutan dari postingan IG ku.
Rak buku tiga tingkat. Sengaja kufoto setengah aja, bagian bawah berantakan buku soalnya :P

3. All in One : Makan, galon dan pulsa, semuanya ada!
Kalau teman-teman adalah tipe anak yang mesti sarapan setiap pagi, maka memilih kosan yang jualan makanan atau dekat dengan penjual makanan adalah wajib dilakukan. Percayalah, kemageran di pagi hari bagi anak kosan adalah hakiki. Jadi, kalau mesti nyari makan jauh-jauh, duhh malasnya bukan main.

Nah, di kosan Umi ini, teman-teman sudah bisa beli sarapan sejak jam 6 pagi. Bahagia gak tuhh :D
Dulu semasa kuliah, pagi-pagi aku sudah kenyang karena sudah sarapan. Cukup turun ke warung umi di lantai 1, tinggal mukenahan, belum mandi, semuanya tetap beres! Nah, untuk urusan halal dan hiegenis makanannya, Insya Allah tidak diragukan.

Umi kosan juga jualan pulsa, galon, dan perlengkapan lainnya. Jadi, hidup akan terasa lebih mudah gais!

4. Wifi super kencang
Semasa kuliah, wifi di kosan ini kenceng dan bikin happy terus.

4. Dekat Kampus, Lippo, Rumah Inggris Jogja, Fotocopian, Burjo
The most important thing adalah kosan Umi terletak dekat Lippo plaza, tinggal jalan kaki berapa menit nyampe. Jadi, kalau bosan di kosan, tinggal ngadem ke lippo aja. Kosan ini juga dekat dengan Rumah Inggris Jogja, siapa tau temen-temen mau kursus di sana. Dekat juga dengan fotocopian cuma selang dua rumah, dan dekat burjo, tempat nasi goreng dan mie goreng  sumber kehidupan malam hari.
Foto dari balkon Kos

5. Kesucian dan kebersihan number uno
Umi kosan adalah orang yang menjunjung tinggi kesucian dan kebersihan kosannya! Meskipun sebenarnya tergantung anak-anak kosannya sih, rajin atau malas ngejalanin piket kosan. Tapi yang jelas, umi kosan dulu sering berkomentar kalau kosan berantakan. Buat kamu sang pembersih, kosan ini tampaknya jodohmu gais.


7. Tempat jemuran yang asyik buat ngelamunin masa depan
Tempat jemuran terdapat di lantai 3, tempat yang asyik buat ngelamunin hidup dan masa depan juga. sambil ngeliatin Jogja dari ketinggian tentunya.  bahagia tau ga sih :')

8. Jam malam
Jika teman-teman kurang suka dengan kosan yang bebas, nah barangkali teman-temab bisa cocok dengan kosan ini. Kosan umi menerapkan aturan jam malam, yaitu 9 malam kosan digembok dari dalam. Namun jangan khawatir, kalau lagi ada kegiatan penting sekali dua kali, biasanya dapat toleransi. tapi jangan keseringan sih!
9. Bayar pertahun
Untuk biayanya, jamanku dulu sekitar 5 sd 6 juta setahun kalau tidak salah. Aku agak lupa gais. Ohiya, kalau dulu sih gak bisa perbulan, mesti tahunan.

10. Mie Ayam Pak Sukir, penyelamat kalo lagi bosan makan nasi
Salah satu yang kusenangi dari kosan ini juga adalah mie ayam pak Sukir yang biasa mangkal depan Rumah Inggris Jogja. It means depanan sama kosan. Jadi kalau mau mie ayam, biasanya kita mesan dari balkon kos "Paakkkk. Mie ayam satuuu yaaa". Beberapa menit kemudian Pak Sukir neriakan "Neng.. mie ayam" terus tinggal keluar deh ngambil mie ayam . Uh jadi ingin makan mie ayam pak Sukir :')

11. Tidak Angker
Personally, salah satu yang kukhawatirkan ketika mau cari kosan adalah khawatir kosannya nanti bakalan angker. Kan biasa tu denger-denger cerita begitu. Nah, selama aku di kosan ini, Alhamdulillah aman terkendali gais, tidak ada cerita 'sungguhan' yang angker-angker. Paling cuma halu-nya anak kos abis nonton film horor.

Well, itulah rekomendasi kosan Putri dekat UIN Sunan Kaliajaga yang ingin kushare di sini. Namun, semua yang kutulis hanya berdasarkan pengalamanku ketika ngekos di sana sejak awal 2015 hingga pertengahan tahun 2018 YAA. Jadi, ketika teman-teman membaca tulisan ini, aku tidak tahu perkembangan kosan itu lagi. Tapi kuyakini, jika ada perubahan, semoga perubahan yang jauh lebih baik lagi, bukan perubahan ke arah keburukan.

OH IYA!
Karena kosan ini super dekat dengan kampus dan bersih juga, biasanya paska pengumuman SNMPTN kosan ini sudah bakalan diburu orang alias cepat penuhnya.

Jadi begindang gais!
Semoga bermanfaat. Kalau gak bermanfaat, ya dimanfaat-manfaatin aja ya wkwk :'D
2.    

4 Komentar

Unknown mengatakan…
Assalaamualaikum, kak saya maba UIN 2020, lagi nyari kost kosan dekat UIN. Kalo boleh tau info Kost Umi Muslimah bisa saya dapatkan dimana ya? Atau nomor telpon ibu kost nya mungkin kak :) terimakasiii
Anita Sartika mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan…
Terimakasih banyak mbak, nanti akan saya kabari lewat email kalau saya jadi ng kost.😊
ihzasabila mengatakan…
Assalamu'alaikum kak, saya maba UIN suka juga, boleh tau info nomor ibu kostnya?😊🙏