Pengalaman Tes ProTEFL di UNY


Dua hari ini UIN Jogja menyelenggarakan wisuda. Senang sekali rasanya melihat teman-teman berbagi foto kebahagiaan 'dilantik' sebagai sarjana. Euforia kebahagiaan yang juga aku rasakan setaun yang lalu. Sebagai anak yang sudah melewati lorong panjang paska wisuda, ingin rasanya aku bersikap sok tua dengan memberi wejangan penting ini haha :

guys, kehidupan paska wisuda itu berat. Kalau  mau lanjut s2, kasih perhatian super ekstra untuk TOEFL ya gais. biar nanti dia tidak jadi penghambat melamar kampus tujuan.
sumber: geniustoefl.com

well, Intro yang cukup lebay dan sangat dipaksakan.

Tapi benar loh, kalau mau lanjut s2, tidak sedikit kampus yang mensyaratkan sertifikat TOEFL dengan minimum nilai tertentu. Beberapa kampus bahkan mewajibkan TOEFL ITP atau IELTS yang sungguh biayanya bisa menguras kantong rakyat jelata macam aku ini.

Nah, ada baiknya sebelum tes TOEFL ITP sungguhan, ikutan TOEFL like yang harganya lebih murah, syukur-syukur kalau gratisan. ProTEFL (Proficiency Test of English as a Foreign Language) yang diselenggarakan UNY adalah salah satu yang ingin aku rekomendasikan kali ini.

Kartu Peserta Tes ProTEFL UNY



Rekomended buat yang mau mengukur kemampuan ngerjain tes TOEFL

Menurutku, ProTEFL cukup rekomended untuk melihat seberapa mampu kita mengerjakan tes toefl. Tesnya tidak bisa aku kategorikan mudah. I mean, soal yang disajikan punya level yang serius menyamai tes toefl itp. gimana sih ngomongnya haha. Intinya, kalau mau simulasi tes TOEFL ITP sungguhan, boleh banget ProTEFL ini dicoba.

Ruangan yang dipakai untuk tes ProTEFL UNY

Yang aku suka dari tes ProTEFL ini ruang ujiannya yang nyaman, audio untuk listening yang super bikin bahagia. Anyway, aku pernah tes TOEC di UIN, dan TOEFL ITP di Cilacs UII sebelumnya, menurutku ProTEFL UNY ini yang audio listeningnya paling baik. Masing-masing peserta tes dikasih headset, dan bisa mengatur volume sesuai yang diinginkan.
Mungkin karena itulah, skor listeningku mengalami kenaikan di tes kemarin hehe.

Prosedur dan biaya pendaftaran 

Lemme jelaskan sedikit.
Pertama-tama, kita cek dulu jadwal di bit.ly/KuotaProTEFL. Sepengetahuanku, ProTEFL diselenggarkan setiap Senin, Rabu dan Jumat dengan kuota masing-masing kelasnya 30 orang. Senin dan Rabu ada dua kali sesi, sedangkan Jumat hanya satu sesi. 

Untuk prosedur selanjutnya, bisa teman-teman ikuti sesuai petunjuk gambar berikut ata klik di sini. 

Alur Pendaftaran Tes ProTEFL UNY

Adapun biayanya cukup masuk akal, 75 ribu rupiah. Pembayaran hanya bisa dilakukan melalui bank mandiri saja. Berikut caranya

Panduan Pembayaran Tes ProTEFL

Setelah melakukan pembayaran, bisa langsung melakukan pendaftaran di bit.ly/DaftarProTEFL . Hanya perlu mengisi beberapa data, lalu cetak kartu ujian. Selesaih..
Tinggal datang pada hari tes dilaksanakan. 

Ohiya..
Tes ini diselenggarakan di gedung Language Taining Center lantai 2. Gedungnya tuh dekat kopma UNY dan dekat masjid kampusnya UNY.

Waktu pengambilan hasil tes alias sertifikat

Hasil tes, kalau kata pengawas ujianku kemarin, bisa lngsung diketahui sehari sesuadah tes, dan sertifikat bisa diambil lusanya. Sayangnya, kemarin aku tidak begitu. Aku tes hari senin dan hasil baru bisa aku lihat hari rabu, sedangkan sertifikat belum bisa kuambil di hari rabu itu.
Hasil tes ProTEFL UNY ku kemaren. Hayo tanggal lahirku yang mana.
Kolom dari awal ke akhir : nilai listening, structure, reading comprehension, jumlah, perkiraan hasil tes toefl itp, perkiraan kalo tes ielts


Sayangnya, untuk hasil tes ini, kita tidak bisa mengetahuinya secara online. Harus datang langsung ke gedung Language Training Center.

Dan karena aku sudah tidak di Yogya dua hari sesudah tes, alhasil aku belum megang sertifikat ProTEFLku. Nanti kalau sudah ditangan akan aku posting di sini.

Itulah pengalamanku tes ProTEFL di UNY. Semoga bermanfaat bagi yang membaca dan gudlak bagi yang akan ikutan tes ProTEFL juga!!

1 Komentar

Disfa mengatakan…
Wah keren