Booksc.org, Surganya Referensi Agar Skripsi dan Tesis Gak Mentok Lagi!



Kalau teman-teman sudah tahu website ini lebih dulu, plis jangan katain aku yang kurang update ini. Setelah kuliah S1 hampir empat tahun, dilanjutkan dengan S2 sudah satu semester, aku baru tau bahwa surga referensi bisa dicapai dengan hanya sekali klik di booksc.org. Memanglah aku ni, kudet, gaptek sekali. Ckck.


Aku lagi keukeuh banget sama tesisku yang belum ada kemajuan, padahal sudah pernah bimbingan pertengahan Januari kemarin. Aku pengen tesisku tu lebih keren daripada skripsi dulu, jadi muter otak gimana caranya. Kata Prof Andi Faisal Bakti, profesor terbaaeeek di fakultasku, kalau mau tahu karya ilmiah bagus atau nda, lihat aja dulu dari referensinya, dari footnote nya tu....

Nah, masalahnya tu gaes. Aku tu bingung aku tu. Ke mana nyari referensi bacaan yang up to date dan relevan dengan kajian dalam tesis yang sedang aku garap.

Iya sih, kita bisa mengakses berbagai jurnal dengan berbagai cara. Paling sederhana tentu dengan ngetik keyword di google, tapi menurutku langkah ini gak bikin  nemuin banyak jurnal yang kita butuhkan. Kita juga bisa cari di academia, ip garuda, repository perpus nasional, tapi..... sejauh ini, aku ngerasa gak puas-puas banget di sana. Gimana sih caranya nemuin jurnal internesyeneellllll yang uptodateeee  dan gratis tuhhhhhhh? Aku tu butuh aku tuh..

Sampe kemarin aku coba gugling website yang nyediain jurnal secara gratis. 
Dan, di antara yang aku coba klik, aku langsung jatuh hati pada booksc.org. Website ini tu mengklaim sebagai one of the largest online libraries in the world loh gaes.
Z-Library is one of the largest online libraries in the world that contains over 4,960,000 books and 77,100,00 articles. We aim to make literature accessible to everyone. 

Suer gais, sebahagia itu... 

Aku baru tau kalau lewat booksc.org, kita bisa ngakses berbagai jurnal internasional dengan sangat simpel, cepat, sekali klik. Sebenarnya, di beberapa website lain juga begitu, tapi di booksc.org ini aku ngerasa jurnal-jurnalnya lebih lengkap cuy. Cukup ketik keyword, langsung muncul banyak banget artikel internasional yang bisa kita jadiin referensi. Ih, bahagia deh. 


Karena aku anak komunikasi, bahagia banget bisa nemuin jurnal aslinya Robert T. Craig, Elisabeth Noelle-Neumann, McCombs, Maxwell, Shaw.... Tau gaes mereka siapa? anak komunikasi mesti akrab banget dengan nama-nama ini.. Akrab mesti gak tau mereka ni nulis apaan hehe.

Jadi kek gitulah gais. Highly recommended buat pejuang skripswit dan tehsis nih. Semangat ya ges!
Semoga bermanfaat! 

0 Komentar