Contoh Teks dan TIPS Menang Lomba Newscasting a.k.a Baca Berita

Kemarin iseng-iseng lihat video pas lagi lomba baca berita jaman SMA dulu. Syukurlah waktu itu kakakku sempat upload video ketika aku lomba baca berita di akun youtubenya. (Kalau teman-teman iseng dan pengen lihat videoku waktu lomba itu, bisa klik di sini.
Auto shocked pas ngelihat jumlah viewsnya sudah 22.000. Sebagai anak yang kuper, kudet, dan gak keren, ngelihat angka segitu banyak yang ngeview tu bahagia lo gais. hahaa. Terus kakakku bilang, kenapa gak coba nulis aja pengalaman lomba baca berita di blog, mana tau ada yang nyari yakan. 

Well, thats what i do right now. 

Jadi di tulisan kali ini, aku bakalan share pengalaman ikut lomba newscasting atau baca berita. Dulu jaman SMA, empat kali aku ikut lomba ini dan syukurlah selalu menjadi juara. Sekali juara 1, sisanya juara 2. Lumayan hadiahnya bikin kaya raya waktu itu :')
Nah, berikut TIPSku gimana caranya bisa menang di lomba news casting ini:

1. Be Confident!

Gimana sih caranya percaya diri? 
Banyak banget yang bilang, supaya percaya diri anggap aja orang-orang depan kita tu gak ada, atau anggap aja mereka semut, dan anggapan lain yang 'menghilangkan kehadiran audiens dan juri depan kita'. 

For me, aku gak terlalu setuju. Menurutku, menjadi percaya diri bukan dengan tidak menganggap kehadiran manusia di depan kita. Latihan di hadapan cermin sebelum perform adalah koentji!

Latihan aja terus, lihat gimana pantulan diri kita di cermin. Kalau udah ngerasa cukup oke, kenapa harus gak percaya diri, ya kan?

Lagian, kalau teman-teman sekalian akan ikut lomba ini, perwakilan dari sekolah, diutus sekolah, dipilih oleh bapak-ibu guru, it means, mereka percaya kalau teman-teman mampu! Jadi, saatnya teman-teman yang meyakinkan diri kalau teman-teman sekalian juga mampu. Ok good people?!


Piagam Penghargaan Juara 2 Lomba News Casting
Mahoni English Debating Championship SMAN 2 Bengkulu
2014 

2. Jangan Sungkan Menatap Mata Juri, atau Menatap ke Kamera

Kalau pas lomba langsung dihadapkan dengan kamera kayak pembaca berita beneran, jangan sungkan untuk menatap tajam ke kamera gais. Kalau gak ada kamera, anggaplah dewan juri adalah layar TV, adalah penonton yang akan ngelihat kita nanti. Jadi, berbicaralah dengan mata, yakinkan mereka dengan 'berita yang kita baca'. 

Piagam Penghargaan Juara 1
Mahoni English Debating Championshio SMAN 2 Bengkulu
2013

3. Selain Tatapan Mata, Body Language Lain Juga Harus Meyakinkan Ya Gais!


First, yakinkan diri kalau penampilan udah meyakinkan. Pake baju serapi mungkin ketika perlombaan diselenggarakan. Ini bisa meningkatkan kepercayaan diri loh guys.

Terus, jangan lupa dengan body language. Cobalah untuk santai di depan dewan juri ataupun depan kamera. Berpura-puralah kalau teman-teman adalah penyiar beneran. 


Piagam Penghargaan Juara 2 Lomba Baca Berita UNIB
2012

4. Hafalkan Teks di Luar Kepala, Pahami Artinya! Thats My TIPS

Beberapa kali aku ikut lomba bahasa Inggris, News Casting ataupun Speech, dan yang biasa orang-orang dekatku sampaikan adalah ini: 

Mantap kali ya bohongin orang-orang.
Itu adalah karena mereka tahu sebenarnya aku gak bisa bahasa Inggris selincah lidahku kalau lagi perform. Apa yang aku tampilkan di perlombaan, adalah hasil hafalan bermalam-malam. 

Kadang, teks bahasa Inggris itu aku translitkan dengan gugel translate ke bahasa Indonesia, terus aku pahami artinya. Aku tentukan pada kalimat dan kata apa akan memberikan penekanan, mimik muka harus seperti apa, dll. 

Nah, jadi kalau teman-teman sebenarnya gak faseh-faseh banget bahasa Inggris, tapi ditunjuk ikutan lomba Newscasting, jangan panik gais! Kalau bisa, hafalin aja teksnya. Meskipun di perlombaan kita tetap diizinin baca teks, tapi kalau bisa di luar kepala, lebih bagus kan? 

Ya walopun pas lagi perform, kita mesti pura-pura baca juga. Kan lomba baca berita hehe. 

Piagam Penghargaan Juara 2 Lomba Newscast Cendana English Day SMAN 5 Bengkulu
2013

Berikut adalah Contoh Teks yang bisa teman-teman gunakan untuk latihan lomba Newscasting guys!

Hello Good Morning / This is 9 A.M Headline News Blabla TV // and I am Anita Sartika //


Iraqi President / Barham Salih /  is working with his legal team to "revoke" the suspension of Reuters' operating license / and reinstate the news agency in Iraq, // he told CNN's Christiane Amanpour on Tuesday.//
On April 2/  Reuters was suspended for three months following a story detailing a greater number of coronavirus cases / than had been officially reported by the Iraqi government. // The international news agency was also asked for an apology and fined 25 million Iraqi Dinars ($21,000). //
    Salih called the decision "regrettable" / and said it had been taken by the country's Communications and Media Commission, / which is "independent of the government." //

    (Contoh berita dari CNN.)

    Well, itulah yang bisa aku share terkait dengan lomba News Casting ya guys. Semoga bermanfaat. Sukses untuk lombanya!!!

    0 Komentar